LIK REJEKI

Selasa, 08 Juli 2014

Perempuan Pekerja, Perempuan yang Melayani


Dalam anggapan umum, kerja dan berkerja selalu mendapat upah atau sejumlah uang. Namun, pada kenyataannya tidak semua pekerjaan menghasilkan upah, tetapi juga kepuasan, keindahan, dan ketertiban ataupun orang lain merasa nyaman. Misalnya, seorang isteri yang bekerja di rumah, ia tidak menuntut upah dari suaminya, namun mendatangkan keindahan serta kenyamanan pada seluruh anggota keluarga. Pada konteks itu, sang ibu rumah tangga telah melakukan ministry atau melayani seluruh isi rumah. Berbeda dengan pembantu rumah tangga, ia melakukan serviceatau pelayanan karena ada upah yang akan didapatkannya.

Kerja dan hasil-hasil pekerjaan merupakan salah satu upaya untuk mencukupi dan memenuhi kebutuhan hidup dan sekaligus perbaikan keadaan sosial-kultural manusia. Kerja mempunyai nilai kepuasan dan ekonomi, sehingga merupakan usaha untuk mencapai kesejahteraan serta perubahan kualitas hidup dan kehidupan.

Nilai kepuasan dan ekonomi tersebut dirasakan (berdampak) pada orang yang bekerja serta institusi yang memberikan pekerjaan. Kepuasan karena mendapat upah yang layak serta sesuai tingkat pendidikan, ketrampilan dan kemampuan pekerja. Serta nilai kepuasan ekonomi yang didapat pemberi pekerjaan karena adanya keuntungan dari hasil kerja para pekerja.

Kerja (dan juga profesi) merupakan suatu tugas yang mempunyai makna, tujuan, dan nilai ganda; yaitu nilai kemanusiaan yang menyangkut sosial, ekonomi, budaya; serta nilai Ilahi. Kerja mengandung nilai kemanusiaan, karena merupakan upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup dan kehidupannya; serta melalui hasil (upah yang didapat) kerja, kehidupan dapat terus berlangsung. Kerja mempunyai nilai Ilahi; artinya melalui kerja manusia melaksanakan tugas dalam dunia milik TUHAN.

Karena adanya nilai ganda dalam bekerja tersebut, maka hasil kerja berupa upah, jasa, dan kepuasan dapat bermanfaat untuk orang lain, misalnya, anggota keluarga, masyarakat, maupun keuntungan pada pemberi kerja.

1357355431569335475Jadi, jika seorang perempuan kerja, bekerja, pekerjaan di office, di rumah, atau di mana saja, ia telah melakukan peran ganda; yang menyangkut serta berdampak ke/pada banyak orang. 

Pada umumnya, walau ia  adalah isteri dari seorang suami yang pekerja, hasil kerjanya, tidak untuk diri sendiri, namun kepada semua yang ada didekat dan dalam hatinya. Juga pada umumnya, perempuan pekerja biasanya lebih peka melayani hidup dan kehidupan (dalam arti ringan untuk membantu dan menolong sesama, dangampang menggunakan hasil kerjanya untuk menutupi kekurangan dalam keluarga) daripada laki-laki.

RHUDOYO/OI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar